Sunday, November 1, 2009

Apakah Kita Peduli ??


Sore itu sama aja seperti sore2 sebelumnya.. pulang, karena lagi ga ada tumpangan terpaksa naik P124 kp.melayu-cibinong..

Ambil bangku paling belakang biar bisa selonjoran..ga ada yg aneh sama semua penumpangnya, begtu juga pas ada bapak2 tua sekitar 60 taunan naik sambil bawa 2 karung besar lengkap dengan pemikulnya..di negara gw, pemandangan seperti ini gini udah ga aneh, seorang lelaki renta masih aja sibuk mencari sesuap nasi,jadi tulang punggung keluarga..

Ngga begitu lama,bisnya udah mulai masuk tol dalam kota,dan si keneknya udah mulai nih narikin ongkos2 penumpangnya..semua masih normal, si kenek dengan gayanya yg udah kaya rentenir nagih utang, dan si penumpang yg "setengah" ikhlas bayar ongkos bisnya..nah,begitu si kenek mulai nagih si bapak tua yg duduk skitar baris ke-3 dari belakang, mulai nih kejadiannya..


Si bapak tiba2 dengan senyuman mirisnya ngomong sama si kenek "kok goceng?? saya cuma turun di UKI kok.." si kenek langsung nyolot " ini bis cibinong pak, bukan bis uki, ongkosnya goceng ga bisa kurang..!!!!" si bapak senyum lagi dengan pahit "yah bang,saya CUMA mau ke UKI, saya kira ini kowanbisata yg ke UKI,warnanya sama.."

si kenek makin nyolot " yaudah bayar 4 rebu aja, ga boleh turun di tol, tar turunnya di cibinong aja..!!!!!"

Wah gila, udah kaya nonton sinetron nih pikir gw.. abis itu si kenek ngeloyor nagihin penumpang yg lain..
si bapak dengan muka bingung campur kaget campur sedih tiba2 nengok ke blakang,"aduh, abis warnanya sama sih, saya pikir bis UKI(tetep dengan senyuman yg dipaksa)....jadi bayar goceng deh(terlihat sdikit ga ikhlas).."... entah dia ngajak ngomong ke gw ato ke bapa2 di samping gw, ga jelas arah matanya ke siapa, tp tiba2 bapak di samping gw dengan gaya CUEKnya (kaki naik ke atas kursi,kancing atas baju bututnya ke buka 2, tangan kanan pegang HP tangan kiri megang rokok kretek) sambil ngepul2in asep nyoba nanggepin omongan si bapak tua dengan CUEKnya, cuma iya2 doang tanpa sedikitpun ngehormatin si bapak tua..

Si bapak tua mulai kebingungan harus ngapain, dia cuma celingukan kanan kiri, ngeliatin orang2 kaya yg lagi pada pamer mobil di jalan tol, sampe2 semut aja nyasar klo ada di situ, rambutnya edi brokoli juga kalah ruwet sama jalan tol di jakarta klo jam 5 sore.. si bapak sebentar2 brdiri, duduk lagi ga betah, berdiri lagi, kayaknya dia ga tau mau di bawa kemana..

Orang2 yang duduk di sekitar dia, yang satu bangku sama dia, dengan asiknya tidur, maenan hape, 3 cewe abg yg GAOEL2 duduk persis di depan bangku dia, cuma asik ketawa-ketiwi ga jelas sambil maenan hape jg.. ga ada satupun yg PEDULI ato bahkan sedikit melirik sbentar ke bapak tua ini..
gw ga nyangka..dan bener2 ga nyangka....
GILA..!!! SEGAUL INI TERNYATA ORANG-ORANG DI NEGARA GW..!!

YANG CUEK YANG PALING GAOEL.!!!!

Dan gw, lu tau apa yg gw rasain, gw RAGU-RAGU dan MALU buat nolong bapak ini.!!
gw TAKUT, takut di bilang SOK PEDULI..TAKUT dibilang CARI MUKA..TAKUT dibilang SOK BAIK..
gila ye, gw baru nyadar ternyata budaya di negara gw udah berubah, dan gw termasuk di dalam budaya itu..tanpa lu sadar, budaya yang lagi ngetrend jaman skrang itu adalah MALU buat NOLONG orang lain..

Di negara gw orang JUJUR jadi PENJAHAT,orang JUJUR adanya di PENJARA,orang JUJUR ga punya TEMEN..
dan tetep, ORANG CUEK YANG PALING GAOEL.!!!

Gw ngebayangin,seandainya bapak tua itu mbah gw,orang tua dari orang tua gw, apa TEGA lu ngeliat mbah lu celingukan kayak orang BEGO di bis kota sendirian.??????????????
apa pernah lu pikir,suatu saat lu bakalan ada di posisi dia???tua jompo yg di anggap SAMPAH sama orang2 di skitar lu???

Ternyata semua teori2 indah ttg negara gw yg gw dapet di plajaran PPKn waktu SD itu hanya SAMPAH.
cuman crita palsu buat nyenengin anak SD,supaya anak2 SD ga MALU punya negara kayak gini.
mahasiswa cuma bisanya teriak2 ini itu,ngomong ini itu,tp ga ada KARYANYA.!!
tp ini MENDINGAN,di banding mahasiswa yg bisanya kuliah doank,ngumpet di balik ketek bapaknya.
semua hidup masing2,"lama2 orang mati harus ngubur sendiri,karna udah ga ada lg yg peduli...".
"lama2 banyak orang mati muda,karna ga mau jadi SAMPAH di hari tua...."


Akhirnya begitu udah mau kluar di pintu tol di cbinong,gw deketin si bapak tua, gw basa-basi dikit, dan ternyata sebenernya di mau ke ciawi dan ini udah jam 7 malem..
gw udah ga peduli apa kata orang2 di bis, mudah2an mereka tetep asik dengan ke-CUEK-annya.. gw angkat salah satu karungnya yg trnyata isinya kripik.. gw turun di jagorawi,di sebrang udah ada bis DOA IBU yg lewat puncak, gw anter si bapak sampe naek bis, gw cari keneknya gw bayar ongkos bis si bapak, dan lu tau?? si bapak bilang trima kasih sambil nangis dan nyium tangan gw..


Klo stelah baca tulisan ini lu anggap gw CARI MUKA, CARI PERHATIAN, SOK BENER, SOK HEBAT, SOK PEDULI, ato apalah alasan2 yg bisa lu karang2 sendiri dengan kreatifnya, brarti lu ga jauh beda sama orang2 GAOEL di negara gw yang bakalan jadi SAMPAH pas mereka TUA.
klo lu TERSINGGUNG,brarti lu masih punya SEDIKIT HATI NURANI..
maka TERSINGGUNGLAH karna kita SAMA-SAMA BERASAL DARI CAIRAN YANG SAMA..

~dari manusia yg ga mau jadi SAMPAH di esok hari~

2 comments:

Ote said...

pelajaran buat kita semua :(

justdamon said...

amien..
smoga kita termasuk orang2 yang peduli sesama

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Justdamon Themes | Bloggerized by Damanhuri - Jadikan hidup lebih bermakna | Enterprise Project Management